Sabtu, 12 Desember 2009

ngga cocok lingkungan.

saya masih ngga bisa ngerti, kenapa ada orang yang bisa dengan seenak ati main cabut2 aja, keluar2 aja, dengan alasan klise, 'udah ngga cocok lagi sama lingkungannya. lingkungannya udah ngga nyaman'. atau dengan alesan kekanak2an lainnya.
oke. saya juga. tapi ngga separah itu kayanya mah. sekarang saya mau tanya,deh. duluu tuh ya, waktu awal2, siapa yang mau? dalam hal ini, masuk ke unit, organisasi, kepanitiaan, apalah. siapa yang niat? siapa yang bersedia tanpa paksaaan? siapa yang, dulu mengelu2kan? siapa yang pengen? dulu tujuan mau masuk itu apa? kenapa mau masuk? apa ya,, kemana dulu harapan2 yang ditanemin, yang menjadi tujuan kita pengen masuk ke suatu organisasi, ke suatu unit, kepanitiaan. Bohong kalo kita bilang kita ngerasa terjebak. Awalnya keliatan dari luar bagus, seru, tapi ternyata dalemnya sampah. Harusnya kitatau. Bukannya setiap perekrutan anggota baru pesti ada pengenalan2 nya dulu. dan pesti biasanya lama dong. Dan harusnya disitu udah jelas banget keliatan, oh ini organissasi kaya begini to. Baru setelah itu putusin, mau ikut apa ngga. Mau-ngga nya pilihan yg kita ambil, jelas juga, kita tau resiko nya.
Saya jujur ngga suka orang yang menomersatukan -lingkungannya berubah,ngga cocok lagi sama lingkungannya- sebagai alesan terkuat cabut dari organisasi. Haloooo. Hidup ini, dunia ini, lingkungan organisasi ini, ngga selamanya dong sesuai sama ekspektasi kita. That's life. Memang selalu begitu. saya tau, itu terserah dong, sukasuka orang dong, hak orang dong, mau tetep lanjut apa ngga. tpi apaa ya. Jangan jadi manja lah. Maksudnya gimana ya. Seenak jidat bgt deh, bener, kalo saya pikir. main cabut2an kaya gitu.
Well, bukan berarti saya se-sempurna itu. Ada juga kok bebrapa yang bener2 saya niatin ikutnya setengah hati. kaya ugreen sama MTI. *duuh maaf nyebut merk. Ugreen, saya dari awal udah tau saya ngga cocok sama lingkunganny. tapi saya akhirnya putusin, yaudahlah saya ikut. saya kasih yang saya bisa. Dan saya berkontribusi karena saya merasa saya anggota dri itu. saya merasa saya punya tanggung jawab untuk seengga nya ngebantuin. Walaupun bantuan saya ya ampun remeh bgt. sekedar dateng ikut rame2 tapi trus capcus. sekedar nanyain apa butuhnya. sekedar bantuin nempel/nyebar apaan tau. sekedar dateng rapat tapi terus g jdi apa2,tp siap klo dibutuhin. Bukan gatau malu, bukan gimana. tapi saya berusaha semampu saya. Saya bisa diberdayakan, kalo emang saya butuh diberdayakan. walaupun, sejujurnya, hati saya ngga kesitu. saya ngga cocok sama lingkungannya. yang MTI, awalnya saya excited. kaya nya seru, kayanya kekeluargaan, kaya nya ini itu. Tpi setelah dipikir2 saya juga kayanya ga nyaman ada di situ, apakah saya terus cabut? ngga lah. saya emang ga selalu ada buat mti. tapi seengga nya, apapun yang mti butuhin, saya berusaha bantu. kenapa? karena saya ngerasa punya tanggung awab kontribusi ke MTI. Jadi tolong bedain ya. Antara saya cabut udah ga peduli lagi. Sama saya emang ngga sepenuh hati, tapi saya tetep berusaha ngebantuin.
Nah jadi, pokoknya saya masih suka bilang 'yaelaaah' kalo ada orang yg bilang mau keluar, mau cabut, mau MELEPAS TANGGUNG JAWABNYA SEBAGAI ANGGOTA dengan alesan udah ngga cocok lagi sama lingkungannya. terus kalo gitu alesannya, lingkungan harus gimana? harus berubah sesuai apa yang kita mau biar kita cocok? hahahakasian amat si lingkungan harus nurutin pikran2 kaya gitu semua. seenak jidat deh. Cocok-ngga nya kita sama lingkungan ditentuin sama PIKIRAN KITA sendiri kalii. Ga mungkin juga dong semua-semua yang ngikutin apa yang kita mau. aneh bgt. jangan maunya ada di comfort zone terus lah. Hidup itu ngga senyaman itu. iya siiih, benerr,, kalo ada yang lebih nyaman, kenapa harus menyiksa diri di ketidaknyamanan? tapi plis, balik lagi ke pikiran 'dimana tanggung jawabnyaa??'. bukan sebagai kebutuhan pribadi. bukan sebagai paksaan. lebih ke, sebagai bentuk pengabdian.
see? jadi tolong, orang-orang yang berfikir " ah maless, gw udah ngga cocok sama lingkungannya sih", jangan kabur begitu aja!! coba lebih berfikir dari dua arah, toh visi-misi juga ga berubah kan. tujuannya tetep kan. coba deh lebih mengkoreksi diri sendiri, jangan nyalah2in lingkungan ah. jangan manja. kecuali emang kita pengen lingkungan yang bersih, anti kekerasan, anti kejahatan, eh si lingkungan tiba2 berubah jadi tempat judi, minum2, rokok, narkoba, blablabla. itu sih alesan kuat untuk cabut dong. Kan tapi ngga seekstrim itu kaan.

wooo. saya ud lama g ngepost sekalinya ngepost ngomel2. maaf ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar