Jumat, 05 Maret 2010

psikologi industri

seperti yang sudah saya ketahui,, semester ini saya dapet pelajaran TI dari lab PSKE, yang namanya Psikin. Psikologi Industri. dan seperti yang saya ketahui juga, saya suka yang namanya psikologi. *oh yeah. cita2 saya dulu kan mau masuk psikolog,, hehehhe*. makanyaaa, saya selalu menunggu2 hari kamis. dan jarang banget tidur pas pelajaran ini. habiiiiisss saya sukaaaa.
padahal ini kan psikologi industri. kenapa saya seneng? kan bukan psikologi sebenernya?
hmm. pada dasarnya psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental manusia. bidang kajian ilmu ini adalah psikologi umum, psikologi perkembangan, psikologi kepribadian, psikologi sosial, dan psikologi abnormal. dan psikologi industri masuk dalam kategori psikologi organisasi, yang emrupakan sub cabang dari psikologi sosial.
dalam psikologi industri, yang dilakukan adalah mempelajari perilaku dan proses mental orang didalam nya dalam bidang industri. *kan unsur dalam sistem industri diantaranya adalah manusia kaan*
pada dasarnya,, tujuan mempelajari ilmu psikologi adalah mengetahui perilaku manusia dalam hubungannya dengan sistem kerja, peralatan, tata letak, dan lingkungan kerja. arahnya adalah bagaimana bisa menempatkan orang yang tepat di tempat dan waktu yang tepat sehingga terjadi minimasi kesalahan atau sesuatu yang tidak diinginkan. jadi,, psikologi yang dipelajari lebih ke bagaimana biasanya reaksi orang terhadap suatu keadaan, kejadian mendadak, stimulus tertentu, atau membaca bagaimana pola perilaku masyarakat agar dapat menemuka sasaran pasar. jadiii, agak sedikit berbeda dengan psikologi yang ingin saya pelajari.
tapi, tetep aja. saya sukaa kok. karena saya suka menganalisis. saya suka berbicara tentang perilaku orang. tentang individu yang sangat berbeda dan bervariasi. tentang kepribadian. tentang norma dan nilai di masyarakat. saya suka bidang ini. saya suka psikologi.
teman saya bilang, ini adalah mata kuiah yang tidak jelas. tidak ada pertanyaan yang bisa diajukan lalu diberikan jawaban. beda banget kaan sama statistik. atau operational research. atau ergonomi. yang semuanya jelas mendapat jawaban. hmmm yaaa memang manusia kan berbeda beda. pasti dong tidak ada studi kasus dalam bidang psikologi yang bisa dijawab dengan pasti, dengan kesemua jawaban yang diberikan sama. ga bisa doong.

aaah jadi ribet. yaa intinya saya sukaaa psikologi. dan saya seneeng dapet mata kuliah ini di jurusan saya. hehehhehee

*ah ya. postingan ini dibuat dalam rangka pamer dan bikin ada yang mupeng karena dia kepengin banget belajar psikologi tapi ga bisa di jurursannya. YEEY SAYA BELAJAR PSIKOLOGI DOOONG. hahahahhaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar