Minggu, 21 Juni 2009

cerita saya-dan-teman

beberapa hari yang lalu, saya akhirnya menyadari sesuatu, yang bikin pikiran saya terbuka.
saya, punya teman. hmm, setidaknya, saya ngga 'ditolak' dari komunitas. hmmm, setidaknya, saya pikir kayanya begitu. *waah, kalo ternyata saya dibenci semua orang, saya hapus deh postingan ini. hahahha
jadi, karena liat2 album foto saya pas SD, saya jadi inget. betapa lucunya saya dulu. betapa manisnya saya dulu. betapa imutnya saya dulu. hahahha, ngga2. saya bukan mau cerita ini. dulu, saya di SD eksis, lho. hehehe. kan ceritanya (tanpa bermaksud melebih2kan diri sendirii) dulu saya pinter, pas SD. Ranking satuu, terus. Ikut lomba ini, itu, eskul ini, itu, perwakilan sekolah buat ini, itu, blablabla. tapiiii. saya ngga punya temen. seriusan. saya ngga punya temen beneran. *cuma perasaaan kmu aja kalii, nik,.. ngga. saya dulu disebelin temen2 saya. dulu saya 'ditolak' dari komunitas saya. mereka ngga ngomong 'sebel' sama saya, tapi saya tau, lah. Jelaaas, bgt. Bikin kelompok nih. Ngga ada yg mau sekelompokan sama saya. Ngga mau beneran lho! Bukan ngga ngajakin, tapi saya nanya boleh ikut apa ngga, mereka bilang ngga! hahahha. Terus jajan di kantin. Saya ikut, mereka bohong, bilangnya mau ke manaa, gtu. Padahal jajan. saya ditinggal. hyahahhaha. Terus waktu main, saya juga nimbrung2 gitu. daan, begitu saya ikutan main, semua bubaran. huahahha. terus, kan saya naik bis sekolah tuu. saya duduk tu. ngga ada yg mau duduk sama saya. beneran. udah saya tawarin, padahal. dan saya emang sengaja ngetake in buat temen-temen saya, kan. tapi ngga ada yg mau. bahkan dibela2in duduk bertigaan. dan saya akhirnya duduk sama kakak kelas, yg bahkan saya ngga tau itu siapa. Waktu karwis, lebih parah. Kan ke jakarta. ke dufan ni. Kan jelas, dong, pergi nya segerombol-segerombol. Saya ngga punya gerombolan2 gtu. Jadi saya hilir mudik tanpa arah gtu. ada siapa mau kemana, saya ikuut. ngga jelas bgt. hahahahha. terus, temen saya ada yg baru balik dari bali gitu. ngasi gantungan kunci ke semuanya. saya ngga dikasi. terang2an. hahahaha. sedih banget yaaa saya. saya terpaksa harus kuat, ngejalanin semuanya, masa-masa SD saya, sendirian. tanpa temen genggongan. Kemana2 sendiri. temen2 saya sepedaan, main ke mana, ulangtaunan, saya ngga ikutan. saya di-ansos-kan. pokoknya saya ditolak gtu dari komunitas saya. karena itu, entah berapa hari sekali saya nangis. huaa, pokoknya gtiu deeh. mana SD kan jaman2nya nge genggong2an tuu. saya tersiksa bgt dah pokoknya.
saya doa tuh. dari kelas 3 SD, saya inget bgt. Itu saya pertamakalinya berdoa dengan nangis, saking putus asanya. Saya doa, biar Allah ngasi saya temen-temen, yang banyak, yang baik, yang ngga ngejauhin saya kaya gitu. dan, sampai saya lulus, saya masi juga ngga punya temen. sekali lagi, saya ngga berlebihan. saya bener2 ngga punya temen.
saya naik SMP, sama aja. saya mulai kehidupan baru, dan saya pikir, saya bisa nemu temen saya. Nyatanya? huaaah. karena sebagian besar temen SMP saya adalah temen SD sayaa, yaaa. Ngga jauh beda. saya, masi juga digituin. ditolak. dijauhin. di-ngga ditemenin-in. di...jahatin deh. apalagii, kan masa2 SMP kan bener2 masa sensitif kaaan, hahaha, seengganya buat saya. Dan itu bener2 ngefek ke hidup saya. saya jadi sering maag. gara2 stress. gara2 kelewat sedih. sering muntah2. haaa, gitu deh. berlebihan bgt ya saya ya?? ngga tau tuuh, kok saya gitu ya dulu ya?hahhaha. daaan. saya masih berdoa lagi. buat dapet temen. yang beneran baik. yang beneran ngerasa kehilangan saya kalo saya sakit. yang nanyain saya ngga masuk kenapa bukan karena cuman sekedar formalitas. yang ngga ngebuang saya kalo perlunya udah selesai. dan sampai lulus SMP, saya belum jugaaa, tuu, punya temen. seriusan.
dan. akhirnya saya SMA. di luar kota. boarding school. dan saya mikir. ini waktunya saya ngubah diri saya. ini waktunya saya mulai kehidupan baru saya. saya, awalnya, ngga berani bergaul. saya tertutuup. saya minder. dieem2, aja di mana2. kalem2 aja. ngga berani ngasi pendapat. pokoknya saya ngga berani ngapa2in. saya takuut. takut dijauhin lagi. takut ditolak lagi. takut menjadi saya yang dulu lagi. saya trauma?? duu, saya ngga tau sih. saya memilih untuk ngga ngapa2in, daripada ngapa2in dan salah. tapiiii. ditengah kedieman sayaa. saya yang disentuh. saya yang diajak untuk gabung. saya, yang diminta menjadi teman. saya yang di senyumin duluan. saya yang diulurin tangan duluan. saya yang diajak ngobrol duluan. dan pada akhirnya, saya PUNYA TEMAN. ngga langsung banyak, si. saya belajar, dong. untuk mengerti, apa sebenernya esensi dari temenan. Apa arti seorang teman. Apa yang seharusnya dan ngga seharusnya dilakukan teman. saya dalam tahun2 SMA saya, banyak banget punya cerita tentang teman. tentang gimana saya punya teman. tentang saya ngga sependapat sama temen saya. tentang saya marahan sama temen saya. tentang saya baikan lagi. tentang saya membuat teman baru. haaa, banyak deh. dan di tahun2 itu, saya akhirnya bisa, mencari teman. saya punya teman-teman, yang selalu ngebantuin saya, bahkan tanpa saya minta. doa saya terjawab. Allah ngasih saya teman2. yang begitu baik. yang begitu lengkap. yang bisa menyejukkan hati saya. yang bisa mengisi hari-hari saya. yang bisa membuat hidup saya berwarna. setelah enam tahun, saya ngga pernah berhenti ber doa.
saya sekarang udah kuliah. *dan udah penjurusan, hahhaha. dan saya sekarang, punya begituu, banyak teman. yang seengga nya mau, tersenyum untuk saya, dengan tulus. yang mau minjemin tangannya buat saya, kalo saya butuh pegangan. yang menyediakan bahunya, untuk tempat saya menyembunyikan tangis. yang membantu menjaga langkah saya, agar saya tidak salah jalan.
saya, mungkin jadi terobsesi sama yang namanya temenan. saya sangat menjunjung tinggi persahabatan. buat saya, persahabatan itu nomer satu. saya bisa aja kuat ngga pulang ke rumah berbulan2. tapi kalo saya seminggu aja, ngga ngomong2an sama temen2 saya, saya bisa edan. hahhahaha. saya berlebihan? ngga tau. buat saya, teman-teman saya, adalah cahaya saya. tanpa mereka, saya akan redup. saya akan melakukan apapun, biar cahaya2 saya tetap bersinar. saya ngga tau gimana ngejelasinnya. tapi saya sukaaa, sekali sama temenan. sama persahabatan. sama kepercayaan. sama kesetiakawanan. sama keakraban. sama ke-salingmembutuhkan-an. suka bangeet. aneh ya?


pokoknyaa
saya sayaang, sama cahaya-cahaya saya. dan saya berharap, mereka tidak akan pernah padam

3 komentar: