Sabtu, 01 Agustus 2009

apakah dunia itu adil??

Konsep bahwa : dunia itu ngga adil, sepertinya ada terus, muter-muter di kepala saya, ngga ilang ilang. Saya berusaha buat menerima, dan mengganti konsep itu jadi : sebenernya semua itu bukan adil dan ngga, Allah pasti udah ngatur yang terbaik buat kita. Tapi gimana dong, tiap saya memaksakan diri buat menerima konsep baru itu, ada kejadian lagi, yang bikin konsep awal itu lagi yg mnurut saya bener.
Bukanny saya ngga bersyukur. Ooh, saya bersyukur banget. Cuman saya heran. Sama orang-orang yang punya, kemampuan, banyak sekaligus, dan semuanya menonjol. Kaya, ngga punya kejelekan sedikit pun. Tau maksud saya? Orang orang, yang, selalu punya prestasi. Yang punya banyak kelebihan, multitalent. Yang berhasil di segala bidang,selalu nomer satu dimana mana. Orang yang seolah-olah ngga pernah gagal dalam hidupnya. Gitu lah.
Setahu saya, emang semua itu, ngga terjadi gitu aja. Harus ada usaha nya. Dan harus tau gimana memanfaatkan kesempatan yang ada. Dan, harus mau, nyari kesempatan itu. Ngga mungkin dong, tiba-tiba aja si kesempatan dateng sendiri. Kita juga, yang harus usaha. Kaya yang pernah saya denger, Life is about the choice, and the choice is ours. Mau dibikin jadi apa hidup kita, hidup saya, masing-masing lah yang nentuin. Oke, saya memang bukan orang yang antusias nyari2 lomba ini itu buat diikutin, terus menang. Saya juga ngga segitu niatnya mempelajari apaa, gitu, hanya buat jadi yang nomer satu di bidang ny. Saya bukan seseorang yang, apa ya, perfectaholic. Atau nomersatuaholic. Saya, apa ya? Standar. Terlalu standar.
Saya bukannya juga mau jadi nomer satu di manaa, gitu. Saya cuman bertanya aja. Dari sekian banyak orang yang mempelajari suatu bidang dan bisa sukses di bidangnya, kenapa saya ngga termasuk di dalemnya? Saya, entahlah. I think, I have no ability. Terus, "ngga juga tau nik. kamu ngga bersyukur banget deh. Kamu jago kali. Musik mu oke. Pelajaran juga kamu pinter. Kamu juga bisa jadi sosok pemimpin. Kamu supel. Kamu jago nulis.Apa itu yang namanya have no ability?" *cat:ini dikutip dari perkataan temen saya.bukan saya yg ngarang2*
Kalau masalah bersyukur, saya jelas bersyukur. Saya bersyukur, IP saya ngga jelek2 amat, ngga kaya si A. Saya bersyukur, untung saya ngerti tentang musik, ngga kaya B. Saya bersyukur, punya temen2 banyak yang baik-baik, ngga kaya si C. Saya bersyukur, dipercaya orang jadi pemimpin, ngga kaya D.
Tapiii, setelah saya pikir pikir, saya juga ngga bisa mengiyakan omongan temen saya itu tadi. Musik saya oke?? Gimana bisa? Saya baca partitur aja masi berebet berebet. Aransemen? Masih kacau, suka ngga balance. Main alat musik, I play it, but it doesnt mean I can. Pelajaran saya pinter. Halooo, terus yg kemaren nilai fisika kalkulus kimia nya jelek itu siapa dong? Yang di transkrip nilai nya jelek siapa dong? Yang bahkan nangkep pelajaran aja lemot siapa? Pinter di sebelah mana nyaa? Saya bisa jadi sosok pemimpin? Dan saya jadi pinpro OHU, yang kaya nya ngga berjalan mulus. Yang saya masih suka dimarahin, harusnya ini, harusnya itu. Yang ribet sendiri ngurusin surat-surat, ijin-ijin, stand, rapat-rapat. Yang banyak hal yang kaya nya saya salah ambil keputusan. Dari mana bisa jadi pemimpin kalo gitu? Saya supel? bahkan saya ngga kenal anak kosan. Saya malah ngga tau, apa anak2 TI pada tau saya ,selain anak MB n alumni SMA. SAya jago nulis?? Apa sih yang bisa saya tulis selain unek-unek n cerita tetang perasaan saya? ngga ada artistiknya sama sekali, gitu. Ngga ada sastra-sastra nya sama sekali juga.
Dan ayo, kita bandingkan sama seorang temen saya. YAng pelajarannya oke punya. Yang jenius musik. Yang punya segudang prestasi di bidang sastra. Yang semua orang kenal baik sama dia. Yang sering juara satu olahraga apa, gtu. Yang jago debat. Yang punya kesemua kemampuan itu.

Laluu, salah kah saya kalo saya bilang : dunia itu ngga adil?

sayangnya, konsep itu pun masih susah saya terima dengan lapang hati. saya masih belum bisa mengerti gitu saja, bahwa memang dunia ini ngga adil ,jadi saya tidak bisa komplain atau ngga terima tentang sesuatu. bahwa memang ada yang diciptakan dengan kondisi gitu, dan saya dalam kondisi gini. dan saya tidak berhak bertanya kenapa bisa gini? karena jawabanny cuma satu. karena dunia, memang ngga adil.

sampai sekarang tapi saya masih berusaha menanamkan konsep yang kedua kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar