Jumat, 15 Januari 2010

let's read and write

Sejak kecil, saya suka sekali membaca. Apapun. Bahkan sejak saya mulai bisa membaca sepatah-dua patah setelah saya belajar mengeja, kira-kira saat umur saya tiga tahun, saya heboh membaca. apa saja. Saya lihat, saya eja, lalu saya keras-keras bersorak membacanya. Tulisan apapun. nama rumah sakit. Toko serba ada. Kantor polisi. Papan iklan. Reklame pengumuman. Semua nama bus yang lewat di depan rumah saya. Semua nama toko yang dilewati travel kami saat perjalanan ke rumah nenek. Dan ibu saya bilang, ia bangga saya begitu. Kata orang-orang, saya pandai sekali membaca.

kecintaan saya dan keluarga saya pada membaca tercurahkan penuh pada buku. Sejak kecil juga, ibu sangat mendukung hobi saya ini. Waktu SD, saya bersekolah di SD swasta. Bukan SD dengan gerbang depan penuh aneka jajanan murah-tapi-tidak-terjamin. Maka saya selalu membawa bekal ke sekolah, dan tidak ada sama sekali jatah uang saku tiap hari. Ibu saya tidak pernah memberi uang untuk jajan. Tapi untuk beli buku, ibu bahkan menyisihkan lebih dari total uang saku anak SD selama sebulan. Saya dan adik saya terbiasa dengan rutinitas ini.Tidak pernah diberi uang saku, tapi tiap bulan kami akan pergi ke toko Rita untuk memborong buku. Setiap kami juara kelas, atau mendapat prestasi yang membanggakan, hadiahnya bukan barbie. Atau PS, yang saat itu sedang ramai-ramai nya diminta anak seumuran saya. Hadiahnya jauh lebih menarik. 'Voucher' belanja buku di toko buku favorit kami. Di Rita atau JAya Magelang, waktu itu. Karena itu,koleksi komik saya satu lemari penuh. Isinya semua seri Doraemon, Detective conan, serial cantik, serial misteri,sailormoon, gober bebek, ah banyak, saya lupa. Ada satu lemari lagi, isinya majalah Bobo langganan kami *saya berlangganan Bobo dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP*, dan hasil hunting bobo tahun 1980an, ditambah buku intisari koleksi ibu dari tahun 1970an. masih ada lagi koleksi buku cerita anak-anak saya dulu. serial konang-kunang, seri bungsu, dan masih banyak lagi.

koleksi saya mulai masuk ke novel sejak kelas 3 SD, saat bapak saya pulang dari luar kota membawa oleh-oleh harta karun, serial lengkap novel Sherlock Holmes. Yang benar2 baru bisa saya mengerti isinya saat saya kelas 1 SMP. Lalu saya mengoleksi serial teenlit *dengan pengarang luar negri* saat saya kelas 1 SMP. Kelas 2 SMP saya mulai membaca chiklit, lalu baru saya menjamah novel-novel pengarang Indonesia, seperti Fira basuki dan Dee. Yang paling saya suka adalah novel novel fantasi, macam harry Potter, LOTR, inkheart, serial eragon, serial tunnels. Daan, sejak saya SMA, saya suka sekali chicken soup. Karya Norman vincent peale. Dan buku-buku psikologi lainnya.

Berbekal banyak pengetahuan dan imajinasi kata-kata, saya akhirnya menuliskan 'menulis' pada kolom hobi di formulir data pribadi saya, mulai kelas 2 SMP. Saya belajar merangkai kata-kata, saya bermain imajinasi, saya mengatur perasaan pembaca, saya mulai menulis cerita. Sudah sekitar puluhan cerita yang saya buat-hanya empat sampai lima yang benar2 saya tulis sampai selesai-. Tulisan saya tidak bagus. tapi setidaknya saya bisa menghasilkan karya, yang bisa saya baca sendiri sewaktu-waktu, dan saya nikmati sendiri. Saya jarang mempublikasikan cerita cerita saya,, habis saya malu, hehehe. dan sampai pada suatu waktu dimana saya sering sekali kemana-mana membawa kertas HVS dan pensil, lalu menulis cerita di sela-sela kesibukan saya, tentunya dengan tulisan sangat amat kecil -saya bangga punya bakat menulis kecil dan rapi-, agar tidak terkonsumsi teman-teman saya. dan buat saya, menulis adalah dua sisi, -candu sekaligus obat. Saya selalu menulis saat saya senang, sedih, atau kecewa, dan itu membuat emosi saya terlampiaskan pada tulisan-yang buat saya dikemas bagus, hehe-. Tapi di satu sisi, saya akhirnya sering tidur larut, atau melewatkan membuat tugas atau belajar, saat saya sedang punya ide tentang cerita yang akan saya buat. Saya saat itu, tidak bisa lepas dari membaca dan menulis, dan itu adalah pekerjaan favorit saya, saat saya merasakan sensasi, entah, tenang dan nyaman saat saya sedang melakukannya, membaca dan menulis. saya sungguh suka.

Akhir-akhir ini, saya sangat sibuk. Kuliah di TI dan ikut MBWG sepertinya bukan kombinasi yang bagus untuk hidup saya, ahhaha. Semua waktu yang saya punya seperti habis hanya untuk mereka, kuliah, tugas kelompok, belajar ngebut semalaman, praktikum, atau latihan, rapat panitia, event. Bahkan untuk istirahat saja, saya lebih memilih mengalokasikannya untuk tugas atau latihan. saya seperti tidak punya waktu -bahkan untuk mengurus diri saya sendiri-. Dan, saya kehilangan kesempatan untuk sedikt membaca, atau menulis. Awalnya saya menyerah dengan fakta bahwa, saya tidak punya waktu untuk itu. tapi lalu saya merasa rinduu. Pada perasaan nyaman saat saya membaca buku sambil tiduran yang menyebabkan mata saya silinder. Pada kepuasan batin saat saya melepaskan perasaan saya lewat tulisan. Pada sensasi asik yang saya terima saat melakukan keduanya. Saya rindu mencerna kata-kata, juga rindu merangkainya. Saya rindu mencari arti tersembunyi pada sebuah tulisan, juga rindu membuat suatu pesan tersamarkan dalam tulisan yang panjang. Saya rindu tersentuh saat membaca cerita, juga rindu mengarang cerita yang membuat tersentuh.
ada yang hilang dari saya tampaknya setelah saya tidak lagi menjalani rutinitas membaca dan menulis ini. Saya seperti menjadi orang yang berpandangan tidak luas. Tidak pandai berimajinasi. Tidak bisa menyembunyikan emosi. Seperti tidak cerdas dalam merangkai kata-kata untuk bicara. Pikiran saya seperti mati saat diminta menyampaikan pesan kesan yang dalam. Saya menjadi orang yang,, apa ya, katakanlah datar, tanpa kecerdasan verbal. Maka saya berfikir, sepertinya saya harus kembali melakukan apa yang dulu saya lakukan ini, yang dulu menjadi bagian dari kegiatan kehidupan saya, yang dulu sempat menjadi dunia saya, menjadi obat sekaligus candu bagi saya. Ya, saya harus kembali masuk ke dunia ini. Saya harus mencoba kembali membaca, dan menulis. Di sela-sela kesibukan saya, diantara ke-hectic-an kegiatan saya. Karena samapai saat ini, saya menuliskan 'membaca dan menulis' di kolom hobi saya.

:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar