Minggu, 26 Juli 2009

jayagiri tangkuban perahu, perjalanan naik.

pagi ini saya bangun dengan badan kaku-kaku banget. kayanya salah posisi tidur, deh.

saya mau cerita ttg kemaren, tentang betapa huwoo nya perjalanan saya naik gunung.
jadi ada notes yang isinya mengajak saya yang ngaggur di kosan ke tangkuban perahu. via jayagiri. sekitar 2 jam perjalanan. lewat hutan pinus. ngga terlalu ganas.
dan saya mengartikannya, kita bakal ke tangkuban perahu tapi lewat jayagiri ya. seru, lewat hutan2 pinis bagus gitu, ngga gitu cape, lah, nanjak2 tapi.

dan faktanyaaa. tidak seperti itu, teman. saya kaget. *dan awalnya merasa tertipu bangeet. casual route dari hongkooongg??? ini namanya penyiksaan tiada tara hanya buat nyampe sebuah gunung tangkuban perahu. bayangan di imajinasi saya, kita bakalan jalan jauh dengan asik2 aja, kaya perjalanan saya nembus taman dago-maribaya, atau pantai pasir putih-permisan. naik gunung, nanjak, tapi ada jalannya. ini????? saya memang kayanya ditakdirkan bukan buat jadi seseorang yang andal naik gunung. kaki saya ngga di set buat kuat nanjak ampe itungan kilo. apalagi dengan medan kaya ginii!!!

saya udah ngebatin dari hari2 sebelumnya. saya diajak, tapi denger kata2 'lewat hutan dan nanjak', saya jadi males. sebisa mungkin saya meghindari hal2 kaya gitu. apalagi, ini dalam rangka ngga ngapa2in. tapi terus, saya tergoda juga. terus seharian itu mau saya habisin dengan ngapain doong? sementara yang lain punya kerjaan, dapet pengalaman, dan foto2 rame sepanjang perjalanan. Yaudah, saya akhirnya memutuskan untuk ikut. dengan menerima resiko yang terjadi. dalam hal ini, resiko yang saya kira itu cape2 keringetan. daaan, saya dateng ke kampus setengah tujuh, bawa ransel isi minum, jaket, makan, tissue, payung. dan pake sepatu converse yang bawahny hampir rata. yaa, kan saya belum tau rutenya ternyata oh ternyata.

naik angkot, ke tempat yang namanya jayagiri, saya masih hepi-hepi. wow, seperti bayangan saya. naik gunung, bertangga2tangga, tanjakan curam, tapi jalannya masih bisa dibilang bersahabat. beberapa ratus meter nanjak, kaki saya ngga kuat. aduuuh, mending saya disuruh naik jalan datar atau tanjakan <10 derajat yang panjaang, daripada tanjakan curam banget kaya begini. saya ngga kuat beneran. dan seketika saya ngomel2 dalem hati sendiri. Tuuu kan, udah tau ngga bisa naik gunung, nekat ikut. dan saya hampir pengen turun. tapi saya tetep menyabarkan hati. hahhaa. saya naik aja terus. dan. makin lama makin menggila rutenya. jalannya sama sekali bukan jalan. hahaha lebai sih saya, tapi emang ngga enak banget. hutan banget. yang ada cuman daerah ngga ditumbuhin taneman hutan, yang bisa dilewatin orang, dengan lebarnya setapak. jauh dari yang namanya jalan. saya lemes. ini bener2 hutan, girl.

saya dengan setengah hati nyemangatin diri sendiri, bentar lagi, nik, bentar lagi. naik sana, naik sini, agak loncat sana, pegangan sini, kepleset, blablabla macem2. ala petualang banget. bahkan jejak petualang juga kayanya ngga segininya deh. dan saya ngga cocok banget emang, di tempat kaya gini. apalagi dengan converse hampir rata. berjamjam kita naik, dengan saya sering ketinggalan di belakang, yang bikin harus istirahat berkali-kali, (huhuhu maaf yah, kakak kakak), akhirnya kita mulai mencium, belerang. dan saya hepi banget. itu artinya, kita udah deket kawah. dan artinya juga, udah mau nyampe. hahaha, saya bahagia. kaki saya ngga nahan.

dan, akhirnya, kita sampai di, hmm, apa ya, sebuah tebing, yang ternyata bibir dari kawah yang gedeeee banget. kita persis di pinggirnya. jadi kalo ngeliat ke bawah, itu bener2 langsung kawah. kereeen banget! what a place!! keringat saya seolah2 terbayarkan. ngga sia2 saya nanjak sedemikian jauhnya (buat saya jauh pisan) lho. acara agak2 terganggu dengan hujan, huhuhu. untung kita bawa payung, sama ponco, dan hujannya cepat berhenti. yeeey. tapi mendadak habis itu, suhu di sekitar kita jadi turun drastis. sekitar limabelas derajat katanya. tadinya kepanasan dan keringetan, langsung berubah, semua pada pake jaket, sarungtangan, sweater, jas hujan, dll. menggigil, kita makan, di tengah kabut, duduk aja di atas tanah basah. tapi puaaas. foto sana, foto sini, ketawa ketawa, bercanda-canda, seneng akhirnya nyampe ke atas, setelah tanjakan2 hutan pinus tadi.

ngga sia-sia saya nanjak dengan nafas putus2, dan kaki yang ngga bisa diajak kompromi. ngga sia-sia saya jatoh kepleset duakali dan nyangkut akar pohon sekali. ngga sia-sia saya mengorbankan sehari saya buat kurang kerjaan naik gungung dalan rangka ngga ngapa2in. saya seneeeeng. kapan lagi saya dapet pengalaman, rasa puas, pemandangan, dan foto kaya begini?
saya puas pokoknya




*tapi, saya ngga tau, perjalanan saya masiih panjang ternyata. hahhaha berasa apa ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar