Senin, 27 Juli 2009

jayagiri tangkuban perahu, perjalanan turun.

oke. bagian kedua dari perjalanan saya sama yang lainnya dimulai.

karena udah lumayan lama kita ngaso-ngaso di itu tepi kawah, dan udah mulai kedinginan, berhubung bon-bon udah habis smua dibakarin, akhirnya kita memutuskan buat bergerak. biar ngga kaku. perjalanannya sekarang menurun. kita balik arah,ke tempat kita tadi dateng. dan. di tengah jalan, lagi2 hujan turun. dan agak lama. dan bikin kita terpaksa berhenti sebentar, kebasahan, sama lagi-lagi kedinginan. untung saya bawa payung. seengganya ngga terlalu kebasahan. walopun sweater saya, tas, sepatu, udah basah2an, seengganya saya ngga gitu parah.

hujan sekian menit itu akhirnya ngaruh banget ke perjalanan kita selanjutnya. gara-gara habis hujan, kan jalannya jadi licin2 berbahaya gitu. apalagii, jalur kita sekarang menurun. jadilah akhirnya saya harus musti ekstra ati-ati. saya naik aja jatoh tigakali, kalo turun? pokoknya akhirnya saya pake jurus andalan saya : udah lah sambil jongkok2, duduk2, bahkan meluncur2. udah ngga tau kaya apa ini celana sama baju saya. bodo amatan deh saya. daripada saya jatoh ke jurang jurang di kanan-kiri saya. turun sini, turun sana, nglewatin pohon, sedikit meluncur2, loncat, nglewatin jalanan banjir. setelah lamaaa banget kaya nya kita jalan turun, *kali ini saya ngga cape, kaki saya ngga parah2 amat, tapi gemeter kenceng banget*, akhirnya kita sampe di spot pemandangan yaang, indah bgt. bener2 di bibir kawah. di bawah kita udah batu2 belerang, cadas2 si kawah yang ngeri, curam. saya ngeliat ke bawah aja gemeter, ngebayangin apa jadinya kalo kita beneran turun dan jatoh. yah pokoknya, lagi, kita foto foto disana.

dan saya bener bener ngga percaya, waktu kita mau mulai jalan lagi. arah tujuan kita itu disana- di bawah sana. kita mau masuk ke kawahnya. jadi kita harus ngelewatin si cadas2 itu tadi, mempertaruhkan hidup kita (hhahhaa lebai saya) buat nyampe di tempat itu. kali ini jalurnya sama susahnya. hmm, lebih ngeri si, soalnya batu batu kerikil gitu dimanamana. jadi kalo salah injek, eh, kerikil2nya longsor gitu. dan resiko jatohnya bakal lebih sakit. soalnya di bawah kita itu bener-bener hamparan batu batu cadas. dan langsung melluncur ke bawah. means, pokoknya kalo ngga ati2 banget, bakal bisa salah meluncur, bisa mati. beneran ini. makanya k wahyu, yang nyari jalan, bolak balik ngingetin, ati2, gitu. sepanjang jalan saya stress. gila gila, ini. saya ikut unit kan mbwg, ya. latian apa, kek. ini malah tibatiba saya disuruh jadi pecinta alam begini. bahkan pelantikan mbwg nya aja ngga segininya. dan ni buat kakak-kakaknya,cuman jalan-jalan aja. haduuuuu.

dan pada akhirnyaaa, saya bener2 ngga kecewa, untungnya. waktu sampe dibawah, bener2 deh. kita bisa liat, ada dimana kita tadi sepanjang jalan. keliatan, lho, di pinggir-pinggir atas kawah nya, posisi dimana kita tadi berhenti, dimana tadi kita pertama mulai turun. dan saya ngga ngebayangin bakal bisa ngelewatin itu cadas-cadas yang ngeri banget, dengan selamat. di ujung seberang, di atas kawah di sisi yang lain, udah keliatan, jalan raya sama mobilmobil banyak. akhirnya, setelah sekian jam terjebak di dalem hutan, saya bisa liat peradaban. hahahhaha. rasanya saya seneeeng banget. pemandangannya keren banget. bagus. aduh pokoknya spot foto oke banget deh. dan, setelah saya pikir2, tempat yang bagus juga buat foto pre wedding. euh, tapi saya ngga yakin, apa itu si yang mau difoto mau bela-belain ke sini. hahahhaa. di sana-sini tanah belerang putih gitu, tebing-tebing curam kawah, sama beberapa pohon2 yang, bagus bgt. aduuh, pokoknya bagus aja, gitu. susah saya ngomongnya. tapi, sejujurnya, saya banggaaaa bgt. sama saya. finally, walopun kaki saya kaya apaan tau, nafas saya kaya apaan, ketakutan sama stress saya udah gimana tau, akhirnyaaaa, saya nyampe nyampe juga di tempat menakjubkan kaya gini.




terimakasih, buat k wahyu, yang udah tiba2 ngasih ide gila buat jalan2 begini. ini bener-bener pengalaman saya yang, luarbiasa mendebarkannya. buat k sasa, k citra, k ijus, hahahha, kita tim pesimis, saling nyemangatin, tunggu2in, akhirnya bisa nyampe juga, ya kaa! buat k teiza, k suha, yang udah mau nemenin, nungguin saya yang ketinggalan di belakang, nyemangatin terus, nawar2in ngebawain tas, hehe. k asep, k kani, k ajeng,sandra, k inggit,yang udah bikin rame sepanjang perjalanan, jadi kita saya banyak terhibur, hahahha. ka qorry, yang udah mau nyemangatin saya juga, sama berbagi cerita-cerita sama saya, aduh syg k qorry mah pokoknya, hehe. k agra k dian, yang juga sama rame nya, yang bela-belain bawa SLR, tanpa itu, perjalanan kita hampa, hehehhehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar